• SMA NEGERI 1 KUARO
  • TOP (Terpercaya, Optimis dan Prestasi)

SUPERVISI GURU SMA NEGERI 1 KUARO OLEH PENGAWAS PEMBINA

SUPERVISI GURU SMA NEGERI 1 KUARO OLEH PENGAWAS PEMBINA
 
Hari/Tanggal : Kamis, 24 Februari 2023
Tempat : Ruang Guru SMA NEGERI 1 KUARO
Supervisor : Ir. Daly Indra Mulya, MM
Agenda :
1. Supervisi Mengajar Guru
2. Penyampaian hasil Supervisi Dokumen Perangkat Ajar Guru
 
Supervisi adalah aktivitas dan kegiatan pembinaan yang dilakukan oleh profesioanl untuk membantu guru dan tenaga kependidikan lainnya dalam memperbaiki bahan, metode dan evaluasi pengajaran dengan melakukan stimulasi, koordinasi dan bimbingan secara kontinyu agar guru menjadi profesional dalam meningkatkan pencapaian tujuan sekolah.
 
Supervisi sekolah bertujuan Menurut Mulyasa (2013) :
  1. Membina kepala sekolah dan guru-guru untuk lebih memahami tujuan pendidikan yang sebenarnya dan peranan sekolah dalam merealisasikan tujuan tersebut.
  2. Memperbesar kesanggupan kepala sekolah dan guru-guru untuk mempersiapkan peserta didiknya menjadi anggota masyarakat yang lebih efektif.
  3. Membantu kepala sekolah dan guru mengadakan diagnosis secara kritis terhadap aktivitas-aktivitasnya dan kesulitan-kesulitan belajar mengajar, serta menolong mereka merencanakan perbaikan-perbaikan.
  4. Meningkatkan kesadaran kepala sekolah dan guru-guru serta warga sekolah lain terhadap cara kerja yang demokratis dan komprehensif, serta memperbesar kesediaan untuk tolong menolong.
  5. Memperbesar semangat guru-guru dan meningkatkan motivasi berprestasi untuk mengoptimalkan kinerja secara maksimal dalam profesinya.
  6. Membantu kepala sekolah untuk mempopulerkan pengembangan program pendidikan di sekolah kepada masyarakat.
  7. Melindungi orang-orang yang di supervisi terhadap tuntutan-tuntutan yang tidak wajar dan kritik-kritik yang tidak sehat dari masyarakat.
  8. Membantu kepala sekolah dan guru-guru dalam mengevaluasi aktivitasnya untuk mengembangkan aktivitas dan kreativitas peserta didik.
  9. Mengembangkan rasa kesatuan dan persatuan (kolegialitas) di antara guru.

Gambar 1. Penyampaian hasil supervisi dokumen

 

Gambar 2. Supervisi kelas oleh Pengawas Pembina

 

Pesan dari pengawas pembina, beliau menyampaikan harapan bahwa seyogyanya setiap guru baik pegawai PNS, PPPK dan Non ASN mau tidak mau harus melengkapi perangkat pembelajarannya. ada lima tugas utama guru yang wajib dipenuhi oleh guru untuk memenuhi apa yang dipersyaratkan oleh pemerintah :

  1. Membuat perencanaan pembelajaran
  2. Melaksanakan pembelajaran
  3. Melakukan penilaian dan evaluasi
  4. Melakukan perbaikan penilaian
  5. Melakukan pengembangan

 

 

 

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
PAMERAN KEWIRAUSAHAAN SISWA SMA NEGERI 1 KUARO

Kegiatan pameran kewirausahaan dan bazar makanan yang dilaksanakan pada hari/tanggal Senin, 20-02-2023, yang diadakan oleh seluruh siswa kelas XII MIPA dan seluruh siswa kelas XII IPS.

22/02/2023 13:24 - Oleh Administrator - Dilihat 219 kali
Tim Bola Voli Putra Meraih Juara III Turnamen Bola Voli Smansa Cup XX 2023 Kaltim-Kalsel

Tim bola voli SMAN 1 Kuaro adalah hasil kegiatan ekstrakurikuler yang diikuti oleh siswa yang memiliki minat dan bakat dalam olahraga voli. Tim ini berlatih secara rutin di lapangan ola

25/01/2023 16:04 - Oleh Administrator - Dilihat 230 kali